Cari

Abdul Hamid

Abdul Hamid
veteran dari kroya

Ponaryo

Ponaryo
tukang becak

Anak Jalanan

Anak Jalanan
Pengiba Rupiah

Wanti

Wanti
tukang jamu gendong

Ke Orang Biasa pun Kita Bisa Berguru

Senin, 01 Februari 2010

Review GK oleh Karmin Winarta

konon mereka yang tak berpendidikan formal, biasanya belajar dengan hati. skill mereka di era teknologi yang perkembangannya begitu cepat ini tak laku. di lirik lagu mereka disebut orang pinggiran. di hasil riset marketing mereka masuk kelompok E.

namun bagi seorang mataharitimoer mereka semua dianggap gurunya. laki-laki yang biasa di sapa mt itu mempunyai sudut pandang unik. dari perjalanannya ke daerah-daerah di seluruh indonesia ia banyak menjumpai orang-orang biasa yang punya pemahaman hidup sangat luar biasa.

rupanya mt sedang melakukan dekontruksi-dekontruksi. ketika semua orang berlomba-lomba mencari tempat belajar terekslusif, dia sengaja memilih “jalanan” sebagai area belajarnya. ketika banyak orang berbondong-bondong berkiblat pada cerdik cendekia dan ulama dia memilih rakyat jelata sebagai panutannya.

pada buku keduanya ini, mt menceritakan perjumpaanya dengan orang-orang biasa yang lebih inspiratif dibanding apa yang diceramahkan motivator. menurutnya apa yang disampaikan motivator itu telah menjadi bagian dari hidup keseharian orang-orang yang ditemuinya tersebut.

misalnya ketika berbincang dengan mak encoh penjual nasi uduk, mang toha penjual bajigur atau mang saslan pedagang kue putu ia selalu menemukan pencerahan. orang-orang yang itu mampu mendedahkan pemahaman mengenai kebijakan hidup tanpa sepatah kata pun.

dengan membaca guru kehidupan ini, mt mencoba menyentak kesadaran kita bahwa untuk memahami bagaimana memaknai hidup kita tak perlu belajar dari depak coopra atau ikut seminar cara cepat mencapai makrifat di hotel-bintang lima.

dengan membaca 30 kisah-kisah inspiratif ini kita akan termotivasi untuk menjalani hidup tanpa keluhan, makian dan penyesalan. mt seolah mengingatkan kepada pembacanya, kebahagiaan itu tidak datang dari hal-hal di luar diri.

yang paling inspiratip adalah kutipan dari kakek penjaga mushola, “ketika tak ada lagi orang yang sudi mendengarmu, siapa lagi yang paling mulia telinganya selain Tuhan?”

judul buku : guru kehidupan
penulis : matahari timur
jumlah hal : 238
penerbit : lentera hati

0 komentar:

Poskan Komentar

 

2009 ·guru kehidupan by TNB